3 Penyebab Kenaikan Harga Bawang

Kamis, 14 Maret 2013


Saat ini kenaikan harga komoditi hortikultura tak hanya terjadi untuk bawang putih saja, tapi juga terjadi untuk komoditi bawang merah. Jika bawang putih naik mencapai Rp 75 ribu per kg, harga bawang merah kini mencapai Rp 60 ribu per kg.
Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf saat dikonfirmasi LICOM, Rabu (13/3/2013), mengatakan kenaikan harga bawang merah ini diduga karena tiga hal. Pertama karena terimbas dari naiknya harga bawang putih. “Ini bentuk kepanikan pasar. Jika harga bawang putih naik, maka memungkinkan bawang merah juga ikut terkatrol naik,” katanya.
Kedua karena produksi turun disebabkan cuaca hujan. “Saat ini cuaca hujan juga diduga menjadi penyebab adanya kegagalan panen. Jika produksi turun, maka bisa jadi ini penyebab harga naik karena permintaan relatif tetap,” ujarnya.
Sedangkan penyebab ketiga diduga karena adanya faktor penimbunan. “Pemprov Jatim akan terus mencari tahu penyebab naiknya harga bawang merah. Jika memang karena ada penimbunan, maka kami akan memberikan sanksi tegas bagi pelaku yang terbukti melakukan kecurangan,” tegasnya. 
@sarifa http://www.lensaindonesia.com/2013/03/13/inilah-penyebab-naiknya-harga-bawang-merah.html
Share this Article on :
 

© Copyright DPC PKS Sumbersuko Lumajang 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.