DPRD Jatim Sahkan Perda Jalan yang Berkeselamatan

Selasa, 11 Maret 2014

Komitmen DPRD Jatim untuk terus mendesak pemerintah, supaya terus memperbaiki infrastruktur yang ada di Jawa Timur, tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, baru-baru ini para anggota dewan tersebut baru saja mengesahkan Perda Tentang Jalan yang Berkeselamatan.

Photo dari @kangirw4n

Perda tersebut merupakan inisiatif dari Komisi D DPRD Jatim. Anggota Komisi D Irwan Setiawan mengatakan, perda tersebut sebenarnya berawal dari kegelisahan Komisi D terhadap banyaknya kecelakaan lalu lintas.

Menurutnya, penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya banyak rata-rata disebabkan oleh dua hal. Di antaranya kualitas jalan yang buruk, dan kecerobohan para pengguna jalan. Karena itu, kata Irwan, pihaknya ingin mendesak menekan angka kecelakaan yang
disebabkan oleh buruknya kualitas jalan terlebih dahulu. ‘’Baru kalau jalannya sudah diperbaiki, nanti kita akan minta pemerintah atau aparat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara secara hati-hati,” terangnya.

Politisi PKS itu mengungkapkan, dana yang akan dikucurkan untuk memperbaiki infrastuktur jalan pada tahun ini mencapai Rp 1,6 Triliun. Jumlah tersebut sudah mengalami peningkatan secara signifikan. Sebab, saat ini anggaran yang disediakan oleh DPU Bina Marga hanya mencapai Rp 600 Miliar. “Bahkan, pada tahun lalu jumlahnya lebih kecil lagi hingga Rp 400 Miliar,” bebernya. Selain mengatur perbaikan jalan, perda tersebut juga akan mengatur teknis rambu lalu lintas. Meskipun begitu, perbaikan jalan tetap akan menjadi prioritas, khususnya yang berada di kawasan timur ke selatan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Jatim Imam Sunardhi. Politisi Demokrat itu berharap, dengan disahkannya perda tersebut, maka semakin banyak jalanan milik provinsi yang kualitasnya semakin membaik. “Karena pada dasarnya kita ingin semua aktivitas warga Jawa Timur, khususnya ekonomi lancar dengan ditunjang oleh jalan yang bagus,” harapnya. (jan/nin)
Share this Article on :
 

© Copyright DPC PKS Sumbersuko Lumajang 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.