Bertekad untuk Mengulang Keajaiban Pemilu 2009

Kamis, 20 Maret 2014

“Dalam pemilu 2004, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Lumajang tergolong sebagai partai kecil. Tetapi, dalam pemilu 2009, PKS berhasil menciptakan keajaiban, dan bertekad untuk diulangi dalam pemilu 2014.”

Di era Partai Keadilan (1999), partai yang dibesut kalangan aktivis terpelajar ini tidak memiliki satu kursipun di DPRD. Lima tahun berikutnya –setelah bermetamorfosis menjadi PKS- juga tidak memiliki satu pun kursi di parlemen.

Tetapi siapa sangka PKS berhasil menciptakan lompatan yang sangat tinggi di pemilu 2009. lompatan paling spektakuler diciptakan PKS Jember dan Bondowoso. Dari yang sebelumnya nol kursi, dalam pemilu 2009 PKS Jember berhasil merengkuh lima kursi. Di Bondowoso, kursi PKS bertambah dari satu menjadi lima. Di Lumajang, PKS berhasil meraih dua kursi, dari sebelumnya nol.

Keberhasilan PKS di pemilu 2009 tidak lepas dari evaluasi total terhadap strategi pemenangannya dalam pemilu 1999 dan 2004. Buruknya perolehan suara PKS selama dua periode pemilu tersebut karena banyak pihak menilai PKS sebagai partai kampus dan ekslusif, sehingga perlu kerja ekstra keras untuk semakin mendekat kepada masyarakat diantaranya program pendampingan di bidang pertanian dan juga sillaturrahim minimal 20 rumah tetangga disambangi oleh kader.

Meskipun partai didera kasus yang sempat menggoyang PKS, tetapi berkat konsolidasi yang intensif PKS meyakini efek kasus tersebut sudah hampir tidak ada. PKS yakin akan rebound di Pemilu 2014.

Ketua DPD PKS Lumajang Drs. Imam Rofiq tidak membantah kasus tersebut sempat mempengaruhi elektabilitas partainya. Tetapi dukungan terhadap PKS sekarang semakin bertambah. Karena itu PKS di Lumajang berani menargetkan meraih satu kursi dimasing-masin dapil .

Saat ini PKS hanya memiliki dua kursi di DPRD Lumajang. Keduanya adalah Drs. Habib Muttaqin (dapil 2 sekarang) dan Drs. Khusnul Khuluq (dapil 5). Untuk memenuhi target satu kursi di masing-masing dapil semua kader bergerak, dan bukan hanya kader yang bergerak 46 caleg yang ada juga intensif melakukan silaturrahim. “Gambaran untuk memperoleh lima kursi sekarang ini semakin nyata,” tegas Drs. Imam Rofiq yang juga caleg dapil 1 ini.

Share this Article on :
 

© Copyright DPC PKS Sumbersuko Lumajang 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.