TUMBUH LEBIH BERKUALITAS DARI KEGAGALAN

Minggu, 08 Juli 2012

Jika kegagalan kita maknai sebagai belum berhasilnya kita melaksanakan, mencapai dan meraih sesuatu yang kita inginkan dalam hidup maka kegagalan memiliki arti penting untuk kita pelajari.

Seperti juga kemenangan, kegagalan dalam kadar tertentu akan semakin membuat kita tumbuh sebagai manusia kokoh dan berkualitas, asal kita bisa memandang dan menyikapi kegagalan seperti berikut:

  1. Kegagalan memberi kita kesempatan melihat kedalam untuk menginstropeksi dan memotret diri pada bagian mana yang kurang atau tidak sempurna. Sebab hanya dalam keadaan gagal, manusia lebih sadar akan kondisi tersebut.
  2. Kegagalan biasanya akan menggugah kesadaran kita bahwa kekurangan dan ketidak sempurnaan diri hanya akan bisa diatasi jika secara bertahap kita menyediakan kesempatan untuk memperbaiki diri dengan beragam cara agar kita mengalami perbaikan dan penyempurnaan diri.
  3. Kegagalan memungkinkan kita mengalami situasi perasaan dan kejiwaan yang lebih merasa butuh kepada hiburan, semangat, rasa percaya diri, optimisme, ketegaran, keuletan, dan sifat sifat unggul lainnya yang kita yakini akan menolong dan melepaskan kita dari kegagalan.
  4. Kegagalan memberi kita keinsyafan untuk memahami bahwa keberhasilan dan kegagalan akan datang kepada kita manusia secara objektif dengan tanpa memperhatikan nasab, status kita.
  5. Kegagalan memberi kita kesempatan untuk melatih jiwa, pikiran, perasaan dan hati kita untuk bisa belajar menyesuakan dan mengatasi segala kekecewaan, kesedihan, cemoohan, ketersisihan, penyesalan serta keputusasaan.
  6. Kegagalan pada akhirnya akan menyadarkan kita kepada kemutlakan Sang Pengatur Kehidupan Tuhan Semesta alam bahwa Dialah yang berkuasa atas segala sesuatu.

Teman teman semoga kita mau menyikapi dan mengelola kegagalan yang pernah dan sedang kita alami sebagai titik tolak pertumbuhan diri kearah kualitas yang lebih baik dengan ijin Nya
Oleh:



Share this Article on :
 

© Copyright DPC PKS Sumbersuko Lumajang 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.